Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

Latar Belakang :

Krisis ekonomi tahun 1997/1998 adalah krisis yang melemahkan berbagai aspek kehidupan,  namun yang lebih terguncang adalah sektor keuangan khususnya perbankan. Kondisi dimaksud banyak bank yang mengalami kerugian dan berdampak  kepada kerugian pada masyarakat khususnya penabung.  Sejak itulah para ekonom muslim melirik alternatif penyeimbang ekonomi konvensional yang sebenarnya sudah dirintis sejak 1992 dan ditandai dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia.

Perkembangan bank syariah cukup pesat dan diikuti perkembangan lembaga keuangan lainnya. Perkembangan lembaga keuangan syariah ini tentunya harus diikuti penyiapan sumber daya manusianya.  Yayasan Islamic Village melalui Bidang Pendidikan membuka pendidikan tinggi ekonomi syariah dengan jurusan ekonomi syariah dan perbankan syariah.

Pendidikan Tinggi adalah pendidikan formal berada pada jalur sekolah  yang lebih tinggi dibanding dengan pendidikan dasar menengah di jalur pendidikan sekolah formal yang telah ada. Pendidikan Tinggi yang sering disebut Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi baik jalur akademik maupun jalur profesional. Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan dan pengembangannya, sehingga didapat temuan-temuan dan teori-teori baru yang dapat melengkapi dan atau mengganti teori-teori yang lama. Pendidikan profesional adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu dan siap pakai pada dunia kerja.

Pendidikan merupakan tanggungjawab semua komponen bangsa, khususnya cendekiawan muslim, intelektual muslim, mahasiswa/i muslim, dan kaum yang tercerahkan, untuk bersama-sama membangun suatu tatanan kehidupan masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai agama.  Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village Tangerang merupakan salah satu lembaga yang menghimpun komponen bangsa, yang mempunyai kepentingan dalam mensyiarkan ajaran agama Islam. Dalam konteks ini, dilakukan melalui mekanisme dunia pendidikan, yakni dengan cara mengadopsi konsep Al-Quran dan As-Sunnah ke dalam kurikulum perguruan tinggi. Dengan harapan, seluruh civitas academica STES Islamic Village Tangerang yang sedang dan yang telah mengabdi, dapat mengaktualisasikan ajaran Islam dengan baik dan benar.  

STES Islamic Village Tangerang sangat berkepentingan untuk memberi sumbangsih kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Provinsi Banten, bahwa agama Islam menjamin manusia yang memiliki semangat mencari ilmu. Dengan ini kami meyakini akan tumbuh sikap teguh terhadap kebenaran dan rendah hati dalam mengamalkan kebenaran. Amin.

Sejarah Singkat :

Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village Tangerang yang pada awal permohonan pendiriannya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dengan program studi yang diajukan PGTK dan PGSD, Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ekonomi Islam, didirikan dengan maksud; perlunya sebuah Perguruan Tinggi Islam di dalam lingkungan Yayasan Islamic Village yang dikonsentrasikan bagi pengembangan ajaran Islam. Adapun Yayasan Islamic Village Tangerang dicetuskan pada tanggal 17 Agustus 1972 oleh pendirinya Almarhum Bapak KH. Junan Helmy Nasution. Dengan tujuan, membantu program pemerintah di bidang pendidikan, sosial dan pemukiman. 

Yayasan Islamic Village Tangerang telah menyelenggarakan program pendidikan dari tingkat Play Group dan Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga Akademi, dan pada tanggal 11 juli 2003, dibentuklah tim pengembang sebagai penggagas berdirinya Perguruan Tinggi baru yang pada waktu itu bernama Tim Pengembang Sekolah Tinggi, dengan komposisi Tim Pengembang, adalah :

Ketua : Hj. Atiqi Chollisni, SE., MM

Wakil Ketua : Muklis, SE., MM.

Sekretaris : Baehaqi, S.Ag

Bendahara : Drs. M. Aminan, M.Pd

Anggota : - Drs. Mikrad, MM

  - Dra. Hj. Luthfiah Faqih

 
Selain hal tersebut di atas, keinginan pihak Yayasan Islamic Village untuk mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam adalah sebagai tindak lanjut dari keberadaan Program PGTK, yang sebelumnya telah berjalan sejak tahun 1996. Program PGTK ini merupakan embrio, atau cikal bakal lahirnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Islamic Village. 

Alhadulillah, setelah mengalami proses yang cukup panjang, akhirnya pada tanggal 28 Juli 2004, Sekolah Tinggi Agama Islam Islam (STAI) Islamic Village Tangerang telah diberikan rekomendasi oleh Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Wilayah I DKI Jakarta (Kopertais Wil. I DKI Jakarta) dengan hasil sangat memuaskan. Selanjutnya dievaluasi dan diverifikasi oleh Departemen Agama Republik Indonesia, namun  yang  dikeluarkan ijinnya  menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village, yaitu No. DJ.II/25/05 tanggal 12 Maret 2006 dengan program studi PGRA/MI dan Pendidikan Agama Islam (PAI),  sedangkan untuk program studi Ekonomi Islam harus dajukan ulang dengan nama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI.). Pada tahun 2006 mengajukan ulang perijinan untuk Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) dengan program studi Manajemen dan Akuntansi. Alhamdulillah pada tanggal 4 September 2008 dikeluarkan ijin oleh Departemen Agama dengan nomor Dj.I/302/2008, namun nama Perguruan Tinggi dan Program Studinya  menjadi Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village dengan Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Sehingga pada pelaksanaannya harus melakukan revisi administrasi akademik. 
Konsekuensi yang dihadapi pada tahun pertama oleh Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village adalah bagaimana memperhatikan animo masyarakat dan sekaligus menanamkan image kepada masyarakat bahwa Perguruan Tinggi ini mempunyai mutu yang tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ternama yang sejenis.   Adapun model pembelajaran dan sistem kependidikan didalam lingkungan Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village  Tangerang adalah; mengutamakan disiplin, mengedepankan akhlakul karimah, dan mementingkan kualitas.

STES Islamic Village diselenggarakan dalam rangka menghasilkan tenaga bankir dan ekonom syariah yang profesional. Program Studi di  STES Islamic Village terdiri dari:  Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah dengan program sarjana Strata Satu (S1) yang menyandang gelar Sarjana Ekonomi Syariah (SE.Sy).
 
Program studi Ekonomi dan Perbankan Syariah diselenggarakan disatu sisi untuk memberi penambahan wawasan keilmuan kepada masyarakat, khususnya ilmu-ilmu Syariah/Muamalah agar dapat disyiarkan dengan lebih baik dan disisi lain dengan maraknya pertumbuhan perbankan syariah memberi peluang kepada mahasiswa yang mengambil jurusan Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Disamping itu lulusan dari perguruan tinggi ini juga diarahkan untuk menjadi peneliti/ pengembang, entrepreneur, akademisi/guru bidang ekonomi disekolah-sekolah SMK/SMEA, SMA dan Aliyah jurusan IPS.      

STES Islamic Village diselenggarakan dengan melihat pesatnya pertumbuhan bank-bank syariah dan usaha-usaha syariah lainnya di Indonesia, membuktikan bahwa Islam adalah agama yang sempurna dan universal yang mengatur segala aspek kehidupan manusia. STES Islamic Village didirikan dalam rangka mendekatkan para mahasiswa untuk lebih mengenal al-Islam secara lebih luas, terutama yang berhubungan dengan perekonomian syariah. 
Menjamurnya perbankan maupun jenis usaha di bidang syariah akan membutuhkan peluang kerja pada setiap lulusan pada jurusan ini. Dengan dibekali pemahaman dasar-dasar ekonomi syariah, setiap mahasiswa akan mampu menghadapi dunia usaha disegala lapangan kerja syariah yang akan di masukinya.
 
 
Tujuan, menghasilkan : 
  1. Akademisi dan praktisi yang kompeten dalam mengembangkan ekonomi dan perbankan syariah.
  2. Eksekutif profesional yang loyal dan jujur dalam melakukan kegiatan bisnis.
  3. Wirausahawan islami yang  mampu menggali dan mengembangkan potensi nasional dan dapat berperan dalam pasar global.
  4. Penentu kebijakan umum baik pada institusi pemerintah maupun swasta. 
  5. Ekonom dan bankir syariah yang handal dalam mengakses teknologi informasi.
 
Status :
 
Status Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village telah mendapatkan ijin dari Departemen Agama Republik Indonesia dengan No. DJ.I/302/2008 tanggal 4 September 2008
 
Program Studi:
S1 - Ekonomi Syariah (TERAKREDITASI BAN-PT No. 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012)
S1 - Perbankan Syariah (TERAKREDITASI BAN-PT No. 017/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013)